Rabu, 19 Februari 2014

SEHAT DAN CANTIK DENGAN BERPIKIR POSITIF

Kecantikan dari dalam (inner beauty) bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilihat dari luar. Seringkali istilah ini 
hanya menjadi suatu penggembira bagi wanita yang kurang cantik fisiknya agar tidak minder/down. 
Lebih dari itu kecantikan dari dalam (inner beauty) ini ternyata berpengaruh terhadap kecantikan dari luar dan kesehatan.
Pikiran mempengaruhi emosi kita. Ketika kita berusaha berpikir positif atas setiap kejadian, maka suasana hati kita akan membaik dalam arti emosi kita pun akan positif. 

Mereka yang memiliki emosi positif seringkali tampak lebih menarik; dari senyumnya, tawanya, binar matanya, aura wajahnya, dan kebaikan hatinya. Rasa gembira, syukur, ikhlas, dan ridho atas segalanya membuat hidup mereka tenang dan bahagia, jauh dari stres.

Sebaliknya, jika pikiran kita negatif maka emosi kita cenderung negatif. Kita menjadi mudah marah, murung, sering bersedih, pendendam, mudah curiga, was-was, dan sebagainya. Dalam keadaan seperti ini daya tahan tubuh akan menurun dan menjadi mudah stres. Stres sendiri memicu terbentuknya radikal bebas, di samping pemicu lain seperti sinar matahari, merokok dan polutan lainnya, diet yang tidak seimbang, kurang olahraga, dan penyakit. Kenyataan ini diperparah dengan reaksi-reaksi yang diambil ketika seseorang stres, seperti makan berlebihan, merokok, mengkonsumsi narkoba, dan lain-lain. Semakin sering seseorang stres, maka akan semakin cepat mengalami penuaan.

Merokok merupakan salah satu penyebab terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kata lain aktivitas ini juga menyebabkan penuaan dini dan munculnya berbagai penyakit. Kulit akan menjadi gelap, pucat, cepat keriput dan tidak kencang. Merokok saat hamil bahkan dapat mengganggu perkembangan janin dan membuat anak mengalami menstruasi lebih awal, meskipun wanita hamil tersebut akhirnya berhenti merokok di tengah-tengah masa kehamilannya. Anak yang demikian rentan menderita penyakit jantung, kanker payudara, dan masalah paru-paru seperti asma, mempengaruhi aktivitas seksualnya, dan rawan terlibat dalam penyalahgunaan rokok serta alkohol. Sangat banyak bukan bahaya merokok. Oleh karena itu, berhentilah merokok saat ini juga!

Emosi negatif juga berdampak pada kesehatan dan kecantikan. Contohnya orang yang sering bersedih rentan terkena penyakit paru-paru. Tak hanya itu, kesedihan menyebabkan timbulnya flek-flek hitam di wajah. Untuk mengatasinya beberapa orang akan melirik krim pemutih, padahal krim ini tidak boleh sembarang dipilih tanpa nasihat dokter. Ada krim pemutih yang mengandung bahan kimia berbahaya, misalnya merkuri dan hidrokuinon. Krim pemutih yang mengandung bahan kimiawi berbahaya tidak hanya berefek samping pada kulit, tetapi juga pada tubuh. Jadi, tanya dokter dulu sebelum memakai krim pemutih. Sebaliknya, suasana hati yang gembira (tidak bersedih) ikut berperan positif dalam mengurangi hingga menghilangkan flek-flek hitam di wajah. Mudah, gratis, dan tanpa efek samping/resiko (seperti pada penggunaan zat-zat kimia/kosmetik). Pilih mana?

Contoh lain tentang hal-hal semacam ini sangatlah banyak. Intinya, dekatkan diri pada Allah agar kita senantiasa bisa berpikir positif. Dengan pikiran yang positif, emosi menjadi lebih terkendali dan kita pun semakin sehat dan cantik. Menjadi wanita cantik luar dalam adalah idaman setiap wanita. Gunakan resep sederhana ini maka Anda selangkah lebih dekat kepada kesehatan dan kecantikan luar dalam.

Sumber:

2 komentar:

  1. hai mak Dini, salam kenal ^^
    betul mak dengan selalu menjaga pikiran tetap positif bisa bikin kita sehat dan cantik.. tapi bukan hal mudah ya utk selalu positif terutama saat kita diuji dengan masalah-masalah yang datang..

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga mak ^^
    Betul mak, memang butuh latihan seumur hidup. Tapi kalau sudah berhasil, efeknya luar biasa.
    Makasih mak sudah mampir.

    BalasHapus